Hukum parkir kendaraan di Masjid

Dari Grup WA
Pendapat saya cendrung seperti ini 👇
*Pertanyaan Ke 33*

Diskripsi :

Alhamdulillah sy sangat  bersyukur kpd Alloh. Karena Rumah sy di takdirkan berdekatan dg Masjid, suatu tempat yg paling agung di muka bumi, namun di sisi lain ada yg mengganjal dlm benak sy terkait Rumah sy yg terlalu mepet dg halaman masjid, bukan karena apa,  tp karena tanah yg sy miliki hanya yg di tempati Rumah itu saja, sehingga utk parkir kendaraan selalu sy taruh di Halaman masjid ,

Pertanyaan :
wajibkah saya memberi Ujroh Mitsil ukt masjid sebagai ganti penempatan kendraan tsb...?

Titipan dari moch.Hasbiyalloh Robbani , pasrepan, pasuruan.

 *Jawaban* :
Memarkir kendaraan di halaman masjid Hukumnya boleh selama tdk mengganggu para  pengguna masjid, dan pemilik kendaraan  tidak wajib memberi Ujroh Mitsil .

ﻭﺃﻣﺎ اﻻﺭﺗﻔﺎﻕ ﺑﺄﻓﻨﻴﺔ اﻟﻤﻨﺎﺯﻝ ﻓﻲ اﻷﻣﻼﻙ ﻓﺈﻥ ﺃﺿﺮ ﺫﻟﻚ ﺑﺄﺻﺤﺎﺑﻬﺎ ﻣﻨﻌﻮا ﻣﻦ اﻟﺠﻠﻮﺱ ﻓﻴﻬﺎ ﺇﻻ ﺑﺈﺫﻧﻬﻢ ﻭﺇﻻ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ اﻟﺠﻠﻮﺱ ﻋﻠﻰ ﻋﺘﺒﺔ اﻟﺪاﺭ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ اﻟﺠﻠﻮﺱ ﺇﻻ ﺑﺈﺫﻥ ﻣﺎﻟﻜﻬﺎ ﻭﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﻘﻴﻤﻪ ﻭﻳﺠﻠﺲ ﻏﻴﺮﻩ 👈ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﺧﺬ ﺃﺟﺮﺓ ﻋﻠﻰ اﻟﺠﻠﻮﺱ ﻓﻲ ﻓﻨﺎء ﻟﺪاﺭ ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻧﺖ اﻟﺪاﺭ ﻟﻤﺤﺠﻮﺭ ﻋﻠﻴﻪ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﻟﻮﻟﻴﻪ ﺃﻥ ﻳﺄﺫﻥ ﻓﻴﻪ 👈ﻭﺣﻜﻢ ﻓﻨﺎء اﻟﻤﺴﺠﺪ ﻛﻔﻨﺎء اﻟﺪاﺭ. اﻩـ.
 ﻭﻋﺒﺎﺭﺓ اﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻦ اﻟﻘﻠﻴﻮﺑﻲ ﻭﻣﺜﻠﻪ ﺃﻱ اﻟﺸﺎﺭﻉ ﺣﺮﻳﻢ اﻟﺪاﺭ ﻭﺃﻓﻨﻴﺘﻬﺎ ﻭﺃﻋﺘﺎﺑﻬﺎ ﻓﻴﺠﻮﺯ اﻟﻤﺮﻭﺭ ﻣﻨﻬﺎ ﻭاﻟﺠﻠﻮﺱ ﻓﻴﻬﺎ ﻭﻋﻠﻴﻬﺎ ﻭﻟﻮ ﻟﻨﺤﻮ ﺑﻴﻊ ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﺧﺬ ﻋﻮﺽ ﻣﻨﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﻭﺇﻥ ﻗﻠﻨﺎ ﺑﺎﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ﺃﻥ اﻟﺤﺮﻳﻢ ﻣﻤﻠﻮﻙ. اﻩـ. ﻭﻫﻲ ﻣﺨﺎﻟﻔﺔ ﻟﻤﺎ ﻣﺮ ﻋﻦ اﻟﻤﻐﻨﻲ ﻓﻲ ﻣﺴﺄﻟﺔ اﻟﺠﻠﻮﺱ ﻋﻠﻰ اﻟﻌﺘﺒﺔ.
تحفة المحتاج ٦ / ٢١٧


 ﻭﺃﻣﺎ اﻻﺭﺗﻔﺎﻕ ﺑﺃﻓﻨﻴﺔ اﻟﻤﻨﺎﺯﻝ ﻓﻲ اﻷﻣﻼﻙ، ﻓﺈﻥ ﺃﺿﺮ
 ﺑﺄﺻﺤﺎﺑﻬﺎ ﻣﻨﻌﻮا ﻣﻦ اﻟﺠﻠﻮﺱ ﻓﻴﻬﺎ ﺇﻻ ﺑﺈﺫﻧﻬﻢ، ﻭﺇﻻ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ اﻟﺠﻠﻮﺱ ﻋﻠﻰ ﻋﺘﺒﺔ اﻟﺪاﺭ؛ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺇﻻ ﺑﺈﺫﻥ ﻣﺎﻟﻜﻬﺎ، ﻭﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﻘﻴﻤﻪ ﻭﻳﺠﻠﺲ ﻏﻴﺮﻩ، ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﺧﺬ ﺃﺟﺮﺓ ﻋﻠﻰ اﻟﺠﻠﻮﺱﻓﻲ ﻓﻨﺎء اﻟﺪاﺭ ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻧﺖ اﻟﺪاﺭ ﻟﻠﻤﺤﺠﻮﺭ ﻋﻠﻴﻪ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﻟﻮﻟﻴﻪ ﺃﻥ ﻳﺄﺫﻥ ﻓﻴﻪ، *ﻭﺣﻜﻢ ﻓﻨﺎء اﻟﻤﺴﺠﺪ ﻛﻔﻨﺎء اﻟﺪاﺭ.*
مغني المحتاج ٣ / ٥٠٩

ﻓﺄﻣﺎ ﻓﻨﺎء اﻟﻤﺴﺠﺪ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ اﻟﺠﻠﻮﺱ ﻓﻴﻪ ﺇﺿﺮاﺭ ﺑﺄﻫﻞ اﻟﻤﺴﺠﺪ ﻣﻨﻌﻮا ﻣﻨﻪ، ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻓﻴﻪ ﺇﺿﺮاﺭ ﺑﺄﻫﻞ اﻟﻤﺴﺠﺪ ﻓﻬﻞ ﻳﻠﺰﻡ اﺳﺘﺌﺬاﻥ اﻹﻣﺎﻡ ﻓﻴﻪ ﺃﻡ ﻻ؟ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻬﻴﻦ ﺇﻥ ﻗﻴﻞ ﺇﻥ ﻓﻨﺎء اﻟﻤﻠﻚ ﻻ ﻳﻠﺰﻡ اﺳﺘﺌﺬاﻥ ﺭﺑﻪ ﻓﻴﻪ ﻟﻢ ﻳﻠﺰﻡ اﺳﺘﺌﺬاﻥ اﻹﻤﺎﻡ ﻓﻲ ﻓﻨﺎء اﻟﻤﺴﺠﺪ، ﻭﺇﺫﻥ اﻹﻣﺎﻡ ﺇﺫﻥ اﺟﺘﻬﺎﺩ ﻓﻲ اﻷﺻﻠﺢ، ﻭﺳﻮاء ﻓﻲ ﻓﻨﺎء اﻟﻤﺴﺠﺪ ﺟﻴﺮاﻧﻪ ﻭاﻷﺑﺎﻋﺪ
الحاوي الكبير الفقه الشافعي  ٧ / ٤٩٤


Menurut sebagian para masyayikh dalam madzhab maliki mengatakan  : secara Dhohir Halaman masjid tidak boleh di sewakan , karena orang yg memanfaatkan  halaman masjid  tersebut dialah sebenarnya pemilik manfaat , jadi tidak mungkin pemilik manfaat menyiwa miliknya sendiri.

 *Dengan demikian maka  parkir kendaraan  di halaman masjid hukumnya boleh baik bagi  pengguna masjid atau bukan karena halaman masjid itu pemanfaatannya utk kaum muslimin
*
 _Ket. Syarah mukhtasor kholil fiqih maliki juz 6/ 59_

ﻗﺎﻝ ﻋﺞ ﻭاﻧﻈﺮ ﻓﻨﺎء اﻟﺤﻮاﻧﻴﺖ ﻭﻓﻨﺎء اﻟﻤﺴﺠﺪ ﻛﺎﻟﺪاﺭ ﺃﻭ ﺃﻭﻟﻰ ﻷﻧﻪ ﻣﺒﺎﺡ ﻓﻲ اﻟﺠﻤﻠﺔ ﻭﻳﻨﺒﻐﻲ ﺗﻘﻴﻴﺪﻩ ﺑﻤﺎ ﺧﻒ ﻛﻔﻨﺎء اﻟﺪاﺭ ﻗﺎﻝ ﺑﻌﺾ ﺷﻴﻮﺧﻨﺎ👈 ﻭاﻟﻈﺎﻫﺮ ﺃﻥ ﻛﺮاء ﺃﻓﻨﻴﺔ اﻟﻤﺴﺎﺟﺪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻷﻧﻬﺎ ﻣﺒﺎﺣﺔ ﻟﻠﻤﺴﻠﻤﻴﻦ* ،  ﺛﻢ ﻳﺮﺩ ﺃﻥ ﻳﻘﺎﻝ ﺣﻴﺚ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ اﻟﻜﺮاء ﻓﻤﺎ ﻭﺟﻪ ﻛﻮﻧﻪ ﻻ ﻳﻤﻨﻊ اﻟﺒﺎﻋﺔ اﻟﺠﻠﻮﺱ ﻓﻴﻪ ﻷﻧﻪ ﺣﻴﻨﺌﺬ ﻣﺎﻟﻚ اﻟﻤﻨﻔﻌﺔ ﻗﺎﻟﻪ اﻟﺒﺪﺭ.
شرح مختصر خليل للخرشي  جزء ٦ / ٥٩

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum melihat hewan kawin

Nonton vidio purno pembangkit gairah pasutri

Maksud Bertemunya Dua Khitan